Nama Bayi Laki-Laki Dan Perempuan

Monday, July 13, 2009

Al Qur'an (dalam bahasa Arab ??????) adalah Kitab Suci Islam




Umat Muslim percaya bahwa Al Qur'an merupakan Firman Allah sebagai puncak dari wahyu-wahyu yang diturunkan untuk manusia. Al Qur'an diwahyukan kepada nabi Muhammad SAW dalam kurun waktu 23 tahun. Al Qur'an terdiri dari 114 surat dan 6.236 ayat (jumlah ayat bisa berbeda, bukan dalam perbedaan isi, tetapi cara menghitung). Qur'an menceritakan kembali kisah-kisah yang didapati pada kitab suci Yahudi dan Kristen (Taurat dan Alkitab), meskipun terdapat banyak perbedaan dalam detailnya. Nama-nama dalam Alkitab seperti Adam, Nuh, Ibrahim, Isa putra Maryam serta Musa disebutkan dalam Al Qur'an sebagai nabi.

Fungsi-fungsi Al-Quran sesuai dengan Surat Al-Baqarah:185 antara lain: .. bulan Ramadhan, bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Al Qur'an sebagai petunjuk (Al-Huda) bagi manusia dan penjelasan-penjelasan (Al-Bayan) mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang bathil)(Al-Furqan)..

Al-Huda - Petunjuk, semua ayat dalam Al-Quran mempunyai petunjuk

Al-Bayan - Penjelas, ayat-ayat Al-Quran bisa dijelaskan oleh Al-Quran itu sendiri

Al-Furqan - Pembeda, merupakan pembeda antara Haq dan Bathil. Dalam Al-Quran kejelasan antara hitam atau putih merupakan pedoman dalam bertindak bagi manusia. Wilayah abu-abu justru merupakan hal yang akan mengacaukan keseimbangan dalam tindakan manusia.

AdzDzikri - Alat untuk mengingat, Al-Quran merupakan alat untuk mengingatkan manusia akan misi hidup mereka juga agar tindakan mereka tidak melampaui garis-garis yang sudah ditetapkan.

Al-Muhaymin - Batu ujian, yaitu alat untuk menentukan / menguji suatu kebenaran pada kitab-kitab sebelumnya.(Al-Maaidah/Hidangan:48)

Al-Mauidzah - Nasihat dalam menetapi perjuangan dan pelaksanaan perintah-perintah dalam Al-Quran

Ahsanul Hadits - Perkataan yang baik, inilah hadits yang paling shahih, karena langsung dari Allah

Hubungan dengan Kitab-Kitab lain

Al-Quran mempunyai hubungan dengan kitab-kitab sebelumnya yaitu Taurat, Zabur/Mazmur dan Injil yaitu sebagai Al-Mushaddiq atau pembenar dan sebagai Al-Muhaymin atau batu ujian/tolok ukur kebenaran bagi kitab-kitab tersebut.

Berkaitan dengan isi Taurat, Zabur, dan Injil dalam pandangan Islam, Al-Quran adalah penyempurna bagi kitab-kitab tersebut dan umat Muslim diharuskan percaya pada isi-isi Al-Quran. Hal ini disebabkan oleh berbagai pendapat bahwa kitab-kitab yang terdahulu itu yang awalnya sesuai dengan ajaran Islam sudah mengalami berbagai perubahan di tangan manusia sehingga isi dari kitab-kitab tersebut harus dilihat lagi dalam Al-Quran yang dalam salah satu ayatnya disebutkan bahwa kemurniannya akan terpelihara. Nabi Muhammad SAW pun bersabda bahwa sebaiknya berita dari kitab-kitab yang terdahulu tersebut tidak dibenarkan maupun disalahkan tetapi dilihat lagi dalam Al-Quran.

Jenis-Jenis Ayat

Ayat-ayat Al-Quran terbagi atas dua kategori yang bisa dibagi lagi yaitu

Dia-lah yang menurunkan Al Kitab (Al Qur'an) kepada kamu. Di antara (isi) nya ada ayat-ayat yang muhkamaat, itulah pokok-pokok isi Al qur'an dan yang lain (ayat-ayat) mu-tasyaabihaat.. (Keluarga Imran/Amram : 7)

Ayat muhkamat adalah ayat yang sifatnya jelas sedangkan ayat mutasyabihat adalah ayat-ayat yang artinya samar, yang hanya bisa dipahami oleh orang-orang yang telah membersihkan qalbunya dari pemahaman atau ajaran lain selain Din Allah, serta menggabungkan diri dengan Rasul yang melaksanakan ibadah penegakkan Din Allah (Islam).