Nama Bayi Laki-Laki Dan Perempuan

Thursday, June 18, 2009

Keistimewaan Hari Jum'at




Masih ada sebagian masyarakat yang memandang bahwa hari jum'at atapun malam jum'at dianggap sebagai hari keramat dan angker. Akibatnya, mereka terjerumus pada kebiasaan yang sebenarnya tidak punya dasar kecuali adat dan tradisi.

Sesungguhnya Hari Jum'at adalah hari dimana hari yang memiliki keistimewaan dibandingkan dengan hari-hari lainnya, keistimewaan tersebut antara lain:

Satu Hari Terbaik dalam sepekan, dari Abu Hurairah Radhiyallahu' anhu diriwayatkan, Nabi Shallallahu' alaihi wa sallam bersabda, “Sebaik-baik hari yang matahari terbit padanya adalah hari Jum'at. Pada hari itu Adam diciptakan, pada hari itu dia dimasukkan ke surga, dan pada hari itu pula dia dikeluarkan darinya. Dan kiamat tidak akan terjadi pada hari Jum'at.” (Riwayat Muslim).

Kedua Penghapus Dosa, Rasulullah bersabda: “Barang siapa berwudhu kemudian membaguskan wudhunya, lalu mendatangi Jum'at, lalu mendengarkan dan diam, niscaya diampuni (dosanya) antara Jum'at itu dengan Jum'at yang lain, dan ditambah tiga hari.” (Riwayat Muslim)

KetigaPahala Berlipat”, Sabda Nabi, “Barangsiapa mengumpuli istrinya pad hari Jum'at, dan dia mandi kemudian bersegera datang di waktu pagi, berjalan tidak berkendaraan, mendekat pada imam dan mendengarkan serta tidak berbuat sia-sia, pada setiap satu langkah dia mendapatkan keutamaan amalan setahun, pahala puasa, dan shalatnya.” (Riwayat Abu Dawud)

KeempatTanda Khusnul Khatimah”, bagi orang yang meninggal di hari Jum'at ataupun malamnya maka dia akan mati sebagai khusnul khatimah, seperti yang disabdakan nabi, yaitu “Tidaklah diantara seoarang Muslim yang meninggal pada hari Jum'at atau malam Jum'at kecuali Allah memeliharanya dari fitnah kubur.” (Riwayat Ahmad)

Kelima
Larangan Berpuasa, Rasulullah bersabda, “Sesungguhnya Jum'at adalah hari raya, maka janganlah kalian menjadikan hari raya sebagai hari puasa kalian. Kecuali kalau kalian berpuasa sebelum atau sesudahnya.” (Riwayat Amad dengan isnad shahih)

Sumber : www.scqolbu.com