Nama Bayi Laki-Laki Dan Perempuan

Monday, May 18, 2009

Sifat Nabi Dan Rosul




Sifat nabi dan rosul wajib kita ketahui , karena dengan mengetahui sifatnya mudah-mudahn kita dapat mencontohnya.

Sifat nabi ada 4

1. Shiddiq mempunyai arti BENAR. Lawan kata dari shiddiq adalah KIZIB (DUSTA). Dengan demikian, jika kita merujuk dari arti kata shiddiq, maka seorang Nabi dan Rasul akan selalu berkata dan berbuat yg benar, yakni selalu merujuk/berdasar ajaran ALLOH SWT.

Dalil Qur’an yg menjadi rujukan bahwa para Nabi dan Rasul selalu dalam keadaan shiddiq adalah surat Maryam(19):50,“Dan Kami anugerahkan kepada mereka sebagian dari rahmat Kami dan Kami jadikan mereka buah tutur yang baik lagi tinggi.”

2. Amanah berarti DAPAT DIPERCAYA. Rasululloh SAW sendiri sebelum menjadi Rasul, beliau sudah digelari Al Amin (Yang Dapat Dipercaya). Dengan demikian, tidak mungkin seorang Nabi dan Rasul bersifat/bersikap KHIANAT (curang).

3. Tabligh mempunyai arti MENYAMPAIKAN WAHYU KEPADA UMATNYA. Sifat ini terkait dengan sifat Amanah, yg tidak akan berbuat curang dalam menyampaikan ajaran ALLOH SWT kepada umat. Dengan demikian, Nabi dan Rasul MUSTAHIL KITMAN (menyembunyikan wahyu)

4. Sifat terakhir yg dimiliki oleh Nabi dan Rasul adalah Fathonah, yg artinya CERDAS/PANDAI. Dengan demikian, seorang Nabi dan Rasul MUSTAHIL JAHLUN (BODOH).

Artikel Lain

Definisi Nabi dan Rasul
Bagaimana Beriman Kepada Nabi dan Rasul ?
Jumlah Nabi dan Rasul
Tugas Para Rasul ‘alaihissalam
Sifat Nabi Dan Rosul